Tips Memilih Ayunan Besi yang Baik Untuk Bayi

Tips Memilih Ayunan Besi yang Baik Untuk Bayi

Salah satu cara memenangkan ketika bayi sedang manangis yaitu dengan cara menghiburnya dan menggendongnya. Akan tetapi cara tersebut pasti tidak bisa dilakukan denganterus-terusan, karena pasti akan terasa capek kemudian karena kelelahan, apalagi bagi orang tua yang sudah lanjut usia. Maka dari itu, solusi agar bisa tetap menenangkan bayi yang praktis yaitu dengan menggunakan ayunan besi untuk bayi sebagai pengganti gendongan. 

Cara kerja ayunan besi untuk bayi ini pun cukup sederhana. Dengan menaruh adik bayi di dalam ayuanan bayi, maka kita tidak akan terlalu lelah untuk menenangkan bayi yang sedang rewel dan menangis. Dengan menaruh bayi di ayunan besi ini, kita juga masih bisa mengerjakan pekerjaan rumah yang mungkin masih tertunda belum dikerjakan. 

Ada beberapa poin penting dalam memilih ayunan besi yang perlu diperhatikan. Pasalnya bila salah memilih ayunan, bisa saja terjadi dampak buruk pada bayi, bukan karena membuat adik bayi merasa tidak aman, tetapi bisa saja menimbulkan penyakit yang bisa kapan saja menyerang adik bayi. 

Tips Memilih Ayunan Besi Untuk Bayi 


Pastikan Ukuran Ayunan Besi Pas Dengan Ukuran Bayi 

Tentukan ukuran ayunan yang sesuai dengan ukuran adik bayi. Hal ini agar posisi bayi tetap statis dan stabil serta tidak mudah terpelanting saat ayuanan diayunkan. Jadi harus sesuai ukuran ya dalam memilihnya. 

Pilih Ayunan Sesuai dengan Berat Badan Bayi 

Pada umumnya, Batasan berat yang dimiliki sebuah ayunan besi untuk bayi adalah 12-15 kg saja. Akan tetapi, agar Anda lebih yakin bahwa ayunan besi tersebut aman untuk digunakan bayi, maka pastikan bahwa adik bayi yang akan ditaruh dalam ayunan besi tersebut beratnya tidak sampai 12 kg ya. 

Pilih Ayunan Bayi yang Memiliki Alas Datar 

Bayi memiliki tulang yang masih sangat muda, sehingga sangat mudah terbentuk. Unutk menghindari agar tulang bayi tidak bengkok karena mengikuti alas ayunan, pilihlah ayunan besi yang memiliki alas datar. Hindari menggunakan ayunan tradisional yang masih berupa kain dan hanya dikaitkan pada dua besi tiang penyangga. Karena hal ini atau ayunan seperti ini dapat menyebabkan struktur tulang bayi berubah. Jadi pilih ayunan besi bayi dengan alas yang datar ya. 

Pilih Ayunan Bayi yang Pembatasnya dari Bahan Lunak 

Untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya benturan keras atau goresan, maka dari itu hindarilah membeli ayunan besi untuk bayi yang pada bagian pembatasnya terbuat dari bahan kayau atau besi. Pastikan keamanan bayi anda selalu terjaga ya. 

Pilih Ayunan Bayi yang Dilengkapi Sabuk Pengaman 

Keamanan adik bayi adalah yang utama. Agar keamanan lebih terjaga ketika bermain ayunan besi, maka sebaiknya belilah ayunan besi untuk bayi yang memiliki sabuk pengamanan. Terlebih jika adik bayi tergolong anak yang aktif dan banyak bergerak. Sabuk pengaman sangatlah penting untuk melengkapi ayunan besi yang digunakan agar keamanan adik bayi lebih terjaga. 

Pilih Ayunan yang Tidak Terlalu Tinggi 

Untuk meminimalisir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya benturan keras dengan lantai ketika bayi sedang aktif bergerak hingga terjatuh dari ayunan, maka perlu diperhatikan pula bahwa ayunan besi untuk bayi yang dibeli tidak boleh terlalu tinggi. 

Nah, itulah beberapa Tips Memilih Ayunan Besi Untuk Bayi Anda. Semoga bayi Anda tumbuh dan berkembang dengan baik, selalu sehat dan menjadi anak yang pintar kedepannya.

Image: simomot.com