Pilih Bedak Tabur atau Bedak Padat untuk Jenis Kulitmu?


Setiap orang terlahir dengan jenis kulit berbeda. Ada yang lahir dengan kulit kering, berminyak juga kombinasi. Jadi, sesuaikan alat kosmetik khususnya bedak yang akan digunakan dengan jenis kulit masing-masing.

Bedak Wanita

Kebutuhan makeup tergantung jenis kulit yang dimiliki agar hasilnya maksimal salah satu makeup penting yang wajib dimiliki adalah bedak. Bedak akan membantu membantu membuat kulit tampak lebih segar dan juga menyamarkan kekusaman.

Berikut ini ada panduan untuk memilih bedak yang paling pas sesuai dengan jenis kulitmu. Yuk cari tahu!

Pilih Bedak Tabur atau Bedak Padat yang Cocok Untuk Jenis Kulismu?

1. Kulit Kering
Jika terkena sinar matahari kulit kering akan rentan mengelupas dan bersisik. Kamu disarankan menggunakan bedak yang memiliki kandungan minyak lebih banyak agar kelembapan kulit tetap terjaga. Pilih bedak padat dengan formula khusus untuk kulit kering. 

2. Kulit Berminyak
Untuk yang punya kulit berminyak, bedak tabur adalah pilihan yang paling pas. Pilih bedak tabur yang memiliki partikel-partikel lebih halus sehingga bisa membuat kulit tetap bisa bernapas. Hindari memakai bedak padat apalagi dengan foundation yang berlebihan karena akan membuat kulit terlihat cakey.

3. Kulit Sensitif
Untuk jenis kulit ini memang perlu perawatan yang khusus. Hindari bedak yang mengandung kandungan silikon, paraben, dan parfum karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit kering, bahkan bisa memperparah. Kamu wajib memilih bedak dengan kandungan yang ramah kulit.

4. Kulit Normal Kombinasi
Kulit ini punya wilayah kering dan juga berminyak. Jika kamu adalah pemilik jenis kulit ini, kamu harus memakai bedak tabur dan bedak padat secara bersamaan. Aplikasikan bedak tabur di area berminyak terutama di T-zone dan pakai bedak padat di daerah yang kering. 

Setelah kalian tahu perbedaan jenis kulit, saatnya kalian harus mengetahui hal dibawah ini!

Bedak tabur memiliki beberapa jenis misalkan saja powder corrector, bedak tabur jenis ini biasanya punya shade yang tidak biasa seperti hijau dan ungu yang berfungsi untuk menyamakan warna kulit terutama bagian yang kemerahan. Transculent powder umumnya berwarna putih saat dipakai akan menyesuaikan dengan warna kulit dengan sendirinya. 

Sedangkan bedak padat biasanya hadir dengan shade yang menyesuaikan beragam skin tone orang. Fungsinya bedak ini untuk menyamakan warna kulit dan juga mencover noda yang ada di kulit wajah sehingga secara keseluruhan menunjukkan look yang flawless. Biasanya bedak padat digunakan setelah setting powder untuk mengunci base makeup lebih maksimal dan memberi coverage yang lebih bagus. Oleh karena itu, shade yang ditawarkan pun lebih beragam menyerupai warna kulit.

Pilihan bedak tabur atau padat keduanya memiliki formula berbeda sehingga membuat fungsi keduanya tidak sama. Bedak tabur umumnya tidak disertai foundation, pelembab, dan SPF. Dari segi komposisi, bedak tabur lebih ringan sehingga wajar bila performanya staying power dan converage. Biasanya bedak tabur lebih difungsikan sebagai setting powder yang dipakai setelah mengaplikasikan base makeup seperti foundation, bb cream, day cream dan sejenisnya. Untuk Finishingnya bedak padat selalu menjadi pilihan terbaik yang bisa mengunci base makeup yang sudah diaplikasikan untuk menghasilkan look lebih flawless dan coverage.

Jadi, bedak tabur atau bedak padat, sesungguhnya tidak ada yang mutlak lebih baik. Semua harus dipilih berdasarkan kebutuhan, kondisi kulit, dan tujuanmu bermakeup. Kamu sendiri lebih cocok memakai bedak apa nih? Jangan sampai salah pakai bedak ya!